Kran Operator | Pengertian dan Ulasan Lainnya

Pengertian Kran Operator

Kran Operator adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam mengoperasikan sebuah Crane, mulai dari Mobile Crane, Pedestal Crane, dan lainnya. Kran Operator memiliki beberapa larangan yaitu tidak diijinkan untuk meminum-minum alcohol yang nantinya membuat operator kran tersebut dalam keadaan menjadi mabuk.

Kran Operator

Seorang kran operator tentunya memiliki sebuah tanggung jawab dan tugas yang harus mereka jalankan. Tanggung jawab seorang operator kran terbilang tugas yang berat, maka karena itulah Seorang Kran Operator haruslah orang-orang yang pastinya sudah memnuhi syarat dan sebuah kriteria. Baca juga artikel lainnya mengenai crane operator.

Pengertian dari Krane atau Crane

Kran merupakan sebuah alat berat atau pesawat angkat yang digunakan untuk mengangkat atau memindahkan suatu material yang bekerja dengan menggunakan sebuah asas kerja tali.

Crane sendiri biasanya digunakan atau dioperasikan pada saat mengangkat sebuah muatan secara vertical dengan gerak kearah horizontal dan geraknya secara bersama-sama lalu menurunkannya pada tempat yang sudaah ditentukan yaitu dengan cara mekanisme pergerakan cranenya.

Kran atu crane memiliki bentukan yang Panjang dan juga kemampuannya dalam mengangkat sangatlah kuat. Alat ini beputar sampai dengan 360 derajat dengan jangkauan puluhan meter. Biasanya kran sering kali dipakai atau dioperasikan pada saat ada pekerjaan Proyek, Perbengkelan, Pelabuhan, Pergudangan, dan lainnya.

Tugas Dan Tanggung Jawab Training Operator Crane Pelabuhan

  1. Memastikan crane saat dioperasikan dalam keadaan aman dan mengikuti standar Ahli K3.
  2. Dapat mengetahui dan menguasai cara menghidupkan dan mematikan crane sesuai aturan pada saat ada proyek di wilayah Pelabuhan.
  3. Dapat menempatkan crane sesuai tempatnya. Agar selalu aman
  4. Dapat mengetahui dan memastikan berat beban benda yang akan dipindahkan atau diangkat oleh crane yang dioperasikan
  5. Kran Operator dan petugas lainnya wajib selalu berkomunikasi dan memberikan aba aba pada saat memindahkan atau mengangkat barang dengan crane.
  6. Dalam saat mengoperasikan crane operator wajib mengoperasikan sesuai SIO yang dimiliki
  7. Pada waktu crane dinyalakan atau dioperasikan operator yang bertugas tidak diijinkan meninggalkan kabin atau crane pada saat itu.
  8. Selalu memastikan crane di operasikan sesuai K3 yang ditetapkan
  9. Kran Operator wajib mencatat di buku pemeriksaan harian crane selama pengoperasian pada crane.
  10. Operator wajib  mengikuti dan mengetahui SOP perusahaan yang ditetapkan.

Jenis- Jenis Kran Pada Umumnya

  • Crawler Crane Adalah crane pengangkut yang bentuknya hampir mirip dengan mobil crane. Yang membedakan dari mobil crane ialah crane ini dioperasikan menggunakan roda rantai(crawler) agar dapat dijalankan  di permukaan tanah yang cukup sulit dilewati.
  • Mobile Crane Mobil crane termasuk crane yang sulit dibawa dan dioperasikan, crane ini membutuhkan wakttu yang cukup lama pada saat ingin dibawa ke proyek berbeda tempat. Pada proyek di Pelabuhan mobil crane jarang digunakan untuk mengangkut barang material proyek.
  • Hydraulic Crane Pada crane ini biasa digunakan untuk proses proyek yang cukup sederhana. Hydraulic crane merupakan crane yang sering ditemukan pada perbengkelan dan pergudangan yang berfungsi untuk memindahkan barang barang yang ada di tempat tersebut.
  • Tower Crane Sudah tidak asing lagi pada alat crane yang satu ini pastinya. Tower crane sering digunakan pada saat ada proyek pembangunan besar contohnya pada proyek di Pelabuhan  yang fungsinya untuk mengangkut material pembangunan yang dibilang berat, dan berbahaya. Crane ini berbentuk seperti tiang tiang tinggi dan terdapat alat katrol untuk memindahkan dan mengangkkut material pembangunan.
  • Hoist Crane Hoist crane berbentuk hampir mirip dengan hydraulic crane. Bedanya hoist crane lebih sedikit besar. Crane ini dioperasikan dengan menempatkannya pada langit langit yang telah dipasangkan rel khusus crane bergerak dan pergerakannya hanya bisa dimaju mundurkan saja.
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonCall for More Info
error: ?
WhatsApp WhatsApp us