Pentingnya Kalibrasi Alat Ukur

pentingnya kalibrasi alat ukur
Pentingnya Kalibrasi Alat ukur

Kalibrasi merupakan proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkannya dengan standar/tolak ukur.

Pengertian Kalibrasi Pengertian / arti kalibrasi adalah proses verifikasi bahwa suatu akurasi alat ukur sesuai dengan rancangannya. Kalibrasi biasa dilakukan dengan membandingkan suatu standar yang tertelusur dengan standar nasional maupun internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi.

Sedangkan pengertian / arti kalibrasi ISO/IEC Guide 17025 adalah serangkaian kegiatan yang membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh instrumen ukur atau sistem pengukuran, atau nilai yang diwakili oleh bahan ukur, dengan nilai-nilai yang sudah diketahui yang berkaitan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu.

Kalibrasi penting diperlukan untuk memastikan bahwa hasil pengukuran yang dilakukan akurat dan konsisten dengan instrumen lainnya. Hasil pengukuran yang tidak konsisten akan berpengaruh terhadap kualitas produk dan dapat membahayakan nama baik perusahaan Anda di mata konsumen.

Alat ukur warna yang paling mahal dan akurat juga dapat rusak, kurangnya akurasi atau melenceng setelah dipakai dalam jangka waktu tertentu. Sangatlah penting bahwa alat ukur warna sepert spectrophotometer atau chroma meter dikalibrasi secara teratur dan mengikuti sistem manajemen kualitas yang ada (E.g ISO).

Kalibrasi juga dapat dilakukan secara berkala, baik secara rutin harian, bulanan atau setiap tahun. Kalibrasi yang dilakukan harian atau bulanan biasanya mudah dan gampang dilakukan oleh perusahaan sendiri. Sedangkan kalibrasi tahunan memerlukan konsumen untuk mengirimkan instrumennya ke pihak ketiga yang sudah disertifikasi untuk melakukan kalibrasi dengan alat yang telah sesuai standar.

Sistem manajemen mulai dari sistem manajemen mutu ISO 9001, sistem manajemen lingkungan ISO 14001, ataupun sistem manajemen kesehatan keselamatan kerja OHSAS 18001/ISO 45001 juga mempersyaratkan dalam salah satu klausulnya bahwa peralatan yang digunakan dalam suatu perusahaan yang berpengaruh terhadap mutu, lingkungan, ataupun kesehatan harus dikalibrasi ataupun diverifikasi secara berkala.

Arti Pentingnya Kalibrasi

Dilakukannya kalibrasi alat ukur bukan hanya digunakan untuk memenuhi salah satu persyaratan / klausul sistem manajemen mutu ISO 9001 , sistem manajemen lingkungan ISO 14001 , ataupun OHSAS 18001 /ISO 45001 tetapi juga mempunyai manfaat lainnya antara lain :

  1. Jaminan mutu terhadap produk yang dihasilkan melalui sistem pengukuran yang valid
  2. Menghindari cacat/penyimpangan hasil ukur
  3. Menjamin kondisi alat ukur tetap terjaga sesuai spesifikasinya

Kegiatan kalibrasi juga sangat penting dilakukan untuk setiap alat kesehatan, terlebih bagi alat-alat kesehatan yang rutin digunakan setiap hari di sarana pelayanan kesehatan.

Tujuan dilakukannya kalibrasi ini adalah:

  • “Patient Safety”  menjaga dan meningkatkan mutu dan efektifitas pelayanan serta keselamatan terhadap pasien dan petugas medis, menjadi hal yang wajib dari penggunaan peralatan kesehatan harus memenuhi persyaratan mutu dan keamanan.
  • Memastikan kesesuaian karakteristik terhadap spesifikasi dari suatu bahan ukur atau instrumen/alat
  • Menentukan deviasi atau penyimpangan kebenaran konvensional dari nilai penunjukan suatu instrumen ukur atau deviasi dimensi nominal yang seharusnya untuk suatu bahan ukur
  • Menjaga keakuratan nilai yang dihasilkan oleh suatu alat sehingga tidak menyimpang jauh dari ambang batas yang ditentukan
  • Menjamin hasil-hasil pengukuran sesuai dengan standar nasional maupun internasional

Untuk mendukung perusahaan memajukan sumberdaya, Gunanusa Manajemen  membuat Training Kalibrasi Dimensi serta Training Kalibrasi Massa, Suhu dan Tekanan

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonCall for More Info
error: ?
WhatsApp WhatsApp us