TRAINING SUPERVISI K3 PERANCAH (INSPECTOR SCAFFOLDING)

PENDAHULUAN

Para Pekerja maupun Tenaga Pengawas scaffolding harus mempunyai pengetahuan yang memadai mengenai jenis-jenis scaffolding, konstruksinya sampai dengan implementasinya di lapangan agar dapat meminimalisir risiko yang ada

Bidang Konstruksi adalah salah satu scope pekerjaan yang mempunyai kapasitas tenaga kerjan dan peralatan yang sangat besar yang memungkinkan potensi timbulnya incident maupun accident di lapangan akibat bahaya fisik seperti terjatuh dari ketinggian, tertimpa benda keras, terbentur, dan sebagainya. Scaffolding sebagai alat bantu pengganti kayu dalam pengerjaan suatu proyek bangunan, tidak terlepas dari yang namanya bahaya. Seringkali para pekerja scaffolding kurang memperhatikan masalah safety equipment, prosedur keselamatan, keamanan scaffolding. Karena kecelakaan kerja terjadi akibat dua aspek yakni perilaku tidak aman dan kondisi tidak aman.

Pelatihan Supervisi K3 Perancah ini ditujukan dalam upaya mengawasi penerapan K3 pada pemasangan, pembongkaran, penggunaan perancah secara aman guna menunjang pekerjaan di pabrik-pabrik dan konstruksi bangunan. Perancah dapat dipakai untuk keperluan pemasangan atau sebagai alat bantu dalam menjangkau pekerjaan-pekerjaan di tempat yang tinggi dengan pekerjaan sederhana seperti pengecatan, pemasangan lampu, sampai pekerjaan berat seperti pengecoran beton pada bangunan bertingkat.

Pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat dan sejahtera, bebas dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Pelatihan ini dirancang untuk memenuhi UU No. 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, Peraturan Menteri Tenaga Kerja no. PER. 01/MEN/1980 tentang Keselamatan & Kesehatan Kerja pada Konstruksi Bangunan dan SKB Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Pekerjaan Umum no. Kep 174/Men/1986 dan no. 104/Kpts/1986 tentang pedoman pelaksanaan tentang keselamatan dan kesehatan kerja pada tempat kegiatan konstruksi. 

TUJUAN PELATIHAN :

  • Memberikan Sertifikasi dan Lisensi K3 Perancah bagi semua pekerja yang terlibat dalam konstruksi bangunan. Dengan melakukan pemasangan, pembongkaran serta pemeliharaan perancah yang baik
  • Mengindentifikasi dan mendeteksi bahaya perancahMeningkatkan kemampuan para supervisi scaffolding dalam merencanakan, mengawasi, mengecek, mempersiapkan, serta memastikan pekerjaan perancah aman.

MATERI PELATIHAN :

  1. Peraturan perundangan K3 konstruksi bangunan
  2. Pengetahuan dasar perancah
  3. Jenis–jenis perancah
  4. Standar dan pedoman teknis perancah
  5. Supervisi dan pemeriksaan perancah
  6. Dasar- dasar penilaian beban perancah
  7. Perencanaan struktur perancah
  8. Pengelolaan persyaratan pengadaan perancah
  9. Pengelolaan pelaksanaan perancah
  10. Dasar-dasar perhitungan konstruksi perancah
  11. Cara pencegahan kecelakaan kerja perancah
  12. Prosedur kerja aman perancah (bekerja di ketinggian)
  13. Praktik
Pelatihan Supervisi K3 Perancah ini ditujukan dalam upaya mengawasi penerapan K3 pada pemasangan, pembongkaran, penggunaan perancah secara aman guna menunjang pekerjaan di pabrik-pabrik dan konstruksi bangunan.

FASILITAS PELATIHAN :

  1. Hard / Soft Copy Materi Training
  2. Sertifikat dari kemnaker
  3. Training kit
  4. 2x coffee break
  5. Makan Siang

DURASI PELATIHAN : 5 Hari

LOKASI PELATIHAN :

Pusat K3, Jalan Ahmad Yani No. 69-70, Cempaka Putih, Jakarta Pusat (tentative)

CONTACT PERSON :

Meita – 081316964627
email : meita.gunanusa@gmail.com


Please follow and like us:

Trackbacks & Pings

  • Memastikan Keamanan Pembangunan oleh Inspector Scaffolder | GUNANUSA MANAJEMEN :

    […] Seorang Inspector Scaffolder menentukan tugas kepadan anggota timnya. Tak hanya itu, mereka bertanggung jawab dalam pembangunan platform, memastikan keamanan scaffolding dicek secara tepat, kokoh, dan memadai. Inspector juga memastikan jika perancah tidak menyebabkan cedera dan memenuhi peralatan pendukung lainnya aman digunakan sesuai dengan standar. […]

    1 year ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonCall for More Info
error: ?
WhatsApp WhatsApp us