Jenis SIO Forklift dan Ulasan Lainnya

Pengertian Jenis SIO Forklift

Jenis SIO Forklift adalah jenis Surat Ijin Operator. Surat ijin operator ini lebih mengacu ke alat berat berupa forklift. Jenis SIO Forklift dibagi menjadi 3 kelas yaitu, kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Maksud dari kelas ini ialah ketentuan beban maksimal yang boleh diangkut oleh forklift-nya. Forklift sebagian besar lebih berat dari mobil atau truk yang ringan, sangat kuat, menggunakan kemudi roda belakang, lebarnya kurang dari 12 cm. Tidak semua orang boleh mengoperasikan forklift. Mengoperasikan forklift merupakan pekerjaan khusus yang memerlukan pelatihan dan izin sebagai operator yang berkualitas. Mengoperasikan forklift adalah pekerjaan yang penting dan hanya operator yang terlatih dan mendapatkan izin saja yang dapat mengoperasikannya. Operator Forklift terbagi menjadi 2 kelas yaitu Kelas 1 dan Kelas 2. Baca juga artikel selengkapnya mengenai operator forklift.

Jenis SIO Forklift dan Ulasan Lainnya

Jenis-Jenis SIO Pada Umumnya

Jenis SIO Forklift berdasarkan kelasnya ada 3. Berikut ulasannya:

  1. Jenis SIO Forklift Kelas 1 SIO Forklift kelas I merupakan kelas paling berat karena dapat mengangkat beban lebih dari 15 ton. SIO jenis ini banyak digunakan di Pertambangan, Kereta API, dan Pelabuhan.
  2. Jenis SIO Kelas II SIO kelas II merupakan kelas menengah. Untuk SIO kelas ini maksimal angkut bebannya ialah 15 ton. SIO jenis ini banyak digunakan di Perusahan Manufactur.
  3. Jenis SIO Forklift Kelas III SIO kelas III merupakan paling kecil atau awal. Untuk SIO kelas ini maksimal beban angkutnya ialah dibawah 10 ton. SIO jenis ini banyak digunakan di Perusahan Manufactur.

Jenis – Jenis Forklift Menurut Pengelompokkannya

Jenis forklift dibagi beberapa macam seperti: Jenis – Jenis Forklift Menurut Merek Pembuatannya 1. Toyota 2. Kotsu 3. Tcm 4. Mitsubishi 5. Hyundai

Jenis – Jenis Operator Forklift Menurut Bahan Bakarnya 1. Forklift Disel, menggunakan bahan bakar solar 2. Jenis Forklift Bensin, bahan bakar bensin 3.Forklift Electric, menggunakan baterai

Jenis – Jenis Forklift Menurut Mekanismenya 1. Forklift Matic, mekanismenya dapat memuat hanya benda yang kurang dari 10 ton. 2. Forklift Manual, mekanismenya dapat memuat barang lebih dari 10 ton ke atas.

Perbedaan Jenis SIO Forklift Asli dan Palsu

Jenis SIO Asli

  1. Terdapat Logo Kementerian Ketenaga Kerjaan
  2. Nomor Registrasi tercantum
  3. Tercantum pelaksanaan operator k3 forklift
  4. Diketahui nama pelaksanaan dan penyelenggaraan-nya.

Tahapan Pengecekan SIO

  1. Dengan memindai barcode di kartu/lisensi SIO Forklift dengan menggunakan handphone.
  2. Jika Anda ingin melakukan pengecekan pada SIO apakah itu asli atau palsu Anda perlu masuk ke situs web temank3.id. Langkah-langkahnya ialah
  3. Masuk ke situs web diatas
  4. Pilih menu E-PERSONAL
  5. Pilih menu PESAWAT ANGKAT atau ANGKUT
  6. Masukkan Nama dan Tanggal Lahir
  7. Kemudian klik submit.
  8. Langkah ketiga ini Anda bisa langsung mengirim email.

Perbedaan Jenis SIO Forklift Kelas I dan II

SIO Operator Forklift kelas I – Mengoperasikan peralatan angkat-angkut sesuai dengan jenisnya dengan kapasitas lebih dari 100 ton atau tinggi menara lebih dari 60 meter . – Mengawasi dan membimbing kegiatan operator kelas II dan / atau operator kelas III, apabila perlu didampingi oleh operator kelas II dan / atau kelas III . – Mengoperasikan peralatan angkat-angkut sesuai dengan jenisnya dengan kapasitas lebih dari 25 ton sampai kurang dari 100 ton atau tinggi menara lebih dari 40 meter sampai dengan 60 meter.

SIO Operator Forklift kelas II – Mengoperasikan peralatan angkat-angkut sesuai dengan jenisnya dengan kapasitas lebih dari 25 ton sampai kurang dari 100 ton atau tinggi menara lebih dari 40 meter sampai dengan 60 meter. – Mengawasi dan membimbing kegiatan operator kelas III apabila perlu di dampingi operator kelas II.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonCall for More Info
error: ?
WhatsApp WhatsApp us