Menentukan Economic Order Quantity & Joint Economic Order Quantity

Menentukan EOQ (Economic Order Quantity)

Penentuan EOQ (Economic Order Quantity) Adapun penentuan jumlah pesanan ekonomis (EOQ) ada 3 cara yaitu :

a. Tabular Approach Penentuan jumlah pesanan yang ekonomis dengan Tabular approach dilakukan dengan cara menyusun suatu daftar atau tabel jumlah pesanan dan jumlah biaya per tahun.

b. Graphical Approach Penentuan jumlah pesanan ekonomis dengan cara “Graphical approach” dilakukan dengan cara menggambarkan grafik-grafik carrying costs dan total costs dalam satu gambar, dimana sumbu horisontal jumlah pesanan (order) pertahun, sumbu vertical besarnya biaya dari ordering costs, carrying costs dan total costs.

c. Dengan menggunakan rumus (formula approach) Cara penentuan jumlah pesanan ekonomis dengan menurunkan didalam rumus-rumus matematika dapat dilakukan dengan cara memperhatikan bahwa jumlah biaya persediaan yang minimum terdapat, jika ordering costs sama dengan carrying costs.

Hampir semua model persediaan bertujuan untuk meminimalkan biaya total dengan asumsi yang tadi dijelaskan.

Metode EOQ (Economic Order Quantity) ini adalah metode yang digunakan untuk mencari titik keseimbangan antara biaya pemesanan dengan biaya penyimpanan agar diperoleh suatu biaya yang minimum. Atas dasar model EOQ (Economic Order Quantity) diatas maka untuk menghitung biaya persediaan yang paling optimal digunakan model Total Incremental Cost (TIC) yang dapat dirumuskan sebagai berikut : Total Biaya Persediaan = Total Biaya Penyimpanan + Total Biaya Pemesanaan

Multi Produk/Item (Joint Economic Order Quantity)

EOQ Multi Item adalah teknik pengendalian permintaan/pemesanan beberapa jenis item yang optimal dengan biaya inventory serendah mungkin. Tujuan dari model EOQ adalah menentukan jumlah (Q) setiap kali pemesanan sehingga meminimasi total biaya persediaan. Metode EOQ multi item, dikarenakan mampu menekan biaya persediaan seminimal mungkin dari biaya penyimpanan dan biaya pemesanan.

EOQ multi item merupakan teknik 6 pengendalian permintaan/pemesanan barang yang optimal dengan biaya inventory serendah mungkin. Jumlah biaya yang ditekan serendah mungkin adalah carrying cost (biaya penyimpanan) dan ordering cost (biaya pemesanan). Model EOQ Multi Item Model EOQ multi item merupakan model EOQ untuk pembelian bersama (joint purchase) beberapa jenis item.

Asumsi – asumsi yang dipakai antara lain :

a. Tingkat permintaan untuk setiap item konstan dan diketahui dengan pasti, waktu tunggu (lead time) juga diketahui dengan pasti. Oleh karena itu tidak ada stockout maupun biaya stockout.

b. Waktu tunggu (Lead Time)-nya sama untuk semua item, dimana semua item yang dipesan akan datang pada satu titik waktu yang sama untuk setiap siklus.

c. Biaya simpan (Holding Cost), harga per unit (unit cost) dan biaya pesan (ordering cost) untuk setiap item diketahui. Tidak ada perubahan dalam biaya per unit (quantity discount), biaya pesan, dan biaya simpan.

Asumsi-asumsi yang digunakan tidak berbeda dengan model statis EOQ single item, hanya saja ditambah lagi dengan dua buah asumsi, yaitu :

a. Biaya pesan untuk masing-masing jenis persediaan adalah sama.

b. Biaya penyimpanan yang dinyatakan dalam % dari nilai rata-rata persediaan adalah sama.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonCall for More Info
error: ?
WhatsApp WhatsApp us